Senin, 19 September 2011

Tutorial Menggunakan RealVNC !

Untuk kesempatan berikut ini, saya akan mencoba untuk menyajikan bagaimana menggunakan salah satu remote desktop aplikasi yg cukup handal untuk membantu anda ketika melakukan maintenance / proses troubleshooting di lingkungan komputer anda, yaitu menggunakan RealVNC ! Bagi anda yg bekerja sebagai Network Administrator / yg akan dan meminati pekerjaan sebagai Heldesk, tentunya sangat bisa dipastikan anda membutuhkan aplikasi ini.
Apa sie kegunaan aplikasi ini ? Suatu saat ketika anda sedang mengerjakan tugas kantor anda dari bos anda dengan deadline hari ini, tiba-tiba ada user yg berada 4 lantai diatas anda menelpon anda bahwa komputernya sedang hang ! Anda sekarang dilema karena untuk membantu user tsb akan memakan waktu yg cukup lama diantaranya waktu perjalanan ke meja user tsb dan deadline menunggu, uurrgghhh… Nah itulah kegunaannya RealVNC sebagai Remote Desktop aplikasi ! Anda hanya perlu menjalankan software tsb dari PC anda dan menyelesaikan masalah tersebut langsung dari PC anda, voilaa…. ! Masalah PC user tsb tuntas dan yg paling penting, tugas anda terselesaikan sebelum deadline yg diberikan. Untuk bisa menggunakannya,  ikuti tutorial berikut ini :
  1. Download RealVNC terbaru. Versi gratisnya, saya rasa sudah cukup kok… Jangan pakai software bajakan yah, use Free Software only ! Anda akan diminta untuk mengisi data anda agar bisa mendownload aplikasi ini, untuk hal ini saya serahkan kepada anda…
  2. Apabila anda mendownload versi gratisnya, anda akan dimintai persetujuan untuk menggunakan lisensi GPL (GNU Public License) yg digunakan didalam aplikasi ini.
  3. Nah setelah aplikasi tersebut sudah selesai di download, jalankan file tersebut / klik kiri 2x !
  4. Pilih “I accept the agreement”, kemudian tekan Next !
  5. Pilih di direktory mana anda ingin menginstall aplikasi ini.
  6. Pilih component yg ingin ada install !Untuk yg ini, perlu anda perhatikan adalah : Bila anda menginginkan PC anda HANYA bisa di remote dari PC lain tanpa bisa meremote ke PC lain, pilih lah VNC Server saja ! Bila anda menginginkan PC anda HANYA bisa meremote PC lain tanpa bisa diremote dari PC lain, pilihlah VNC Viewer saja ! Tapi bila anda menginginkan PC anda bisa diremote dan meremote dari / ke PC lain, pilih VNC Server dan Viewer. Use it with wise…
  7. Nah apabila anda memilih komponen VNC Server dilangkah yg sebelumnya,  maka anda akan ditanyakan apakah ingin mendaftarkan VNC sebagai service di PC anda ? Saran saya, sebaiknya dicentang saja untuk pilihan ini…Setelah itu, ditampilkan summary dari hasil proses installasi sebelum benar-benar software tsb di install di PC anda !
  8. Diakhir proses instalasi, ditanyakan apakah ingin memasang password ketika PC anda akan diremote menggunakan VNC ? Pilih “Configure” dan isikan dengan password yg anda inginkan !
  9. Sampai disini belum selesai ! Cari tab “Connection”, dan masukkan di firewall anda port 5900 dibagian “Exception” bila menggunakan firewall bawaan Windows XP, apabila anda mengaktifkan firewall ! Agar software ini bisa digunakan. Pilih “Ok”.Pilih “Next”.Pilih “Finish”. Sampai disini, proses installasi sudah berhasil dilakukan… Mudah bukan ? Nah untuk melihat apakah service RealVNC sudah berjalan, lihat ke kanan bawah desktop / kolom system tray icon, apakah sudah nampak seperti ini ?Apabila RealVNC sudah berjalan dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya. Apabila tidak, silahkan kalian lakukan proses Uninstall dan ikuti langkah-langkah yg ada diatas.. :) Jangan malas yah !
  10. Untuk dapat menggunakan RealVNC, anda install kembali software ini di PC selain milik anda yg tentunya dalam 1 jaringan yg sama dengan PC anda. Langkah-langkahnya sama dengan yg ada di atas.
  11. Apabila sudah diinstall, untuk dapat meremote PC lain jalan VNC Viewer dengan melalui : Start – All Programs – Real VNC – VNC Viewer 4 – Run VNC Viewer.Pada kolom “Server”, masukkan IP Address dari PC yg akan anda remote dan tentu saja yg sudah terinstall RealVNC ! Setelah itu, tekan “Ok”.Masukkan password yg telah anda setup ketika anda menginstall RealVNC di PC tersebut / di step #8 didalam postingan ini. Jangan sampai salah yah… :) Setelah itu tekan “Ok”. Apabila sudah benar melakukan semua langkah-langkah ini, maka anda akan berhasil melakukan Remote terhadap PC user yg ada didalam jaringan anda… :)
Yg perlu diperhatikan adalah anda sebagai Administrator wajib untuk memperhatikan manfaat dari aplikasi ini apabila disalahgunakan oleh anda sendiri / pihak-pihak yg tidak berkepentingan ! Karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi anda bila tidak dipergunakan dengan baik…
Akhir kata, semoga apa yg saya sajikan dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia teknologi informasi dan membantu mengefektifkan kinerja anda nantinya. Learn something every day…

Tutorial By : -J- http://code4peace.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar